Sejarah dan Perkembangan Keperawatan di Indonesia

Minggu, 17 November 2013



Sejarah dan Perkembangan Keperawatan di Indonesia
Sejarah dan perkembangan keperawatan di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belanda sampai pada masa kemerdekaan.

1. Masa Penjajahan Belanda
            Perkembangan keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi social ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris, dan Jepang. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu Zieken Oppaser sebagai penjaga orang sakit
            Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara staf dan tentara Belanda, usaha yang dilakukan oleh pemerintah Belanda tidak diikuti oleh perkembangan profesi keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara Belanda.

2. Masa Penjajahan Inggris (1812 – 1816)
            Gubernur Jendral Inggris saat VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat Indonesia. Berangkat dari semboyan “kesehatan adalah milik manusia”, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain:
-          Pencacaran Umum
-          Cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
-          Kesehatan para tahanan
Setelah pemerintah kembali ketangan pemerintah Belanda, kesehatan masyarakat semakin maju dan bersamaan dari itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.

3. Zaman Penjajahan Jepang (1942 – 1945)
            Pada masa itu perkembangan keperawatan mengalami kemunduran , dan dunia keperawatan di Indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatan dilakukan oleh orang-orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit diambil alih oleh jepang, akhirnya terjadi kekurangan obat sehingga timbul wabah.

4. Zaman Kemerdekaan
            Tahun 1949 mulai adanya pembangunan dibidang kesehatan, yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. Tahun 1952 didirikan Sekolah Guru Perawat dan sekolah perawat setingkat SMP. Pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu Akper milik Departemen Kesehatan Jakarta untuk menghasilkan perawat professional pemula. Pendirian Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985 didirikan PSIK (Program Studi Ilmu Keperawatan) yang merupakan momentum kebangkitan keperawatan di Indonesia. Tahun 1995 PSIK FK UI berubah status menjadi FIK UI. Kemudian muncul PSIK-PSIK baru di Undip, UGM, UnHas dll.


Disalin dari sebuah buku karangan Sukma Nolo Widyawati, S.Kep berjudul KONSEP DASAR KEPERAWATAN yang terbit pada Maret 2012.

0 komentar:

Posting Komentar